" "

Yogyakarta (Tak Pernah Terganti) - Fian Perdana

Yogyakarta adalah kota sejarah dan penuh kenangan dalam hidup saya. Saya tinggal di Yogyakarta dari semasa kuliah hingga saya bekerja, kurang lebih 10 tahun lamanya. Di samping itu, Ibu saya lahir dan dibesarkan di kota ini, sehingga dari semasa kecil, saya sering berkunjung ke kota ini. Alasan itulah yang membuat saya ingin kuliah di Yogyakarta. Selama 10 tahun, belajar dan bekerja di sini, banyak kenangan dan dinamika hidup yang saya alami, yang membuat saya semakin mencintai kota yang sudah saya anggap sebagai rumah sendiri ini. Dan, di Yogyakarta pula lah, saya bertemu kekasih (yang sekarang menjadi istriku) dan bertemu pekerjaan pertamaku bahkan hingga saat ini. Hingga suatu hari, saya harus pindah ke kota lain karena tuntutan pekerjaan. Dan saat itulah, terlintas dalam pikiran untuk membuat lagu tentang Yogyakarta, dari kacamata pengalaman saya (yang harus meninggalkan Yogyakarta). Dan lagu ini saya buat ketika itu sebagai bentuk penghargaan, kecintaan, dan sekaligus kenangan untuk Kota Yogyakarta.  ̶  (kutipan interview dengan Fian Perdana).





Proses Produksi
Lagu ini direkam di Rumah Rekam Music Studio Yogyakarta, milik Mas Redy Afrians. Dan beliau sendiri yang banyak terlibat membantu sebagai produser lagu ini, dari proses recording, editing, mixing, dan mastering. Mengapa Folk? Awalnya memang mengalir begitu saja di awal pembuatan lagu ini. Dan banyak terpengaruh dari genre music yang saat itu sedang saya gemari. Dan saya merasa saat itu, Folk adalah genre yang paling bisa mewakili musik untuk lagu Yogyakarta (Tak Pernah Terganti) ini.

Esensi Lagu
Yogyakarta adalah nusantara kecil. Sebagai kota pendidikan, maka banyak sekali pendatang yang tinggal di sini, untuk sekolah ataupun kuliah, dan tidak sedikit yang akhirnya mencintai kota ini serta menjadikannya bagian sejarah indah ketika di usia muda. Sehingga lagu ini saya dedikasikan untuk semua orang yang pernah tinggal di Yogyakarta dan yang merasa rindu untuk selalu kembali ke kota ini. Lagu ini menggambarkan kegelisahan ketika harus pergi meninggalkan Yogyakarta, sekaligus juga sebagai lagu kerinduan untuk datang kembali, meski hanya sekedar mampir untuk bernostalgia dengan hangatnya suasana tiap sudut kotanya.

Tentang Artwork
Desainer artwork adalah saya sendiri. Sebenarnya tidak terlalu menggambarkan Yogyakarta, karena artworknya adalah gambar si penyanyi. Tapi memang si penyanyi itulah yang begitu mencintai Yogyakarta, sehingga selalu ingin mampir kembali untuk sekedar bernostalgia.

Video Klip
Untuk rencana memang sudah terpikirkan, namun masih terkendala satu dan lain hal sehingga belum terlaksana. Saya berharap suatu hari nanti, video klip lagu ini dapat dibuat untuk mengobati rindu dengan menampilkan kehangatan dan keramahan Yogyakarta.

Proses Rilis
Dalam meluncurkan single ini, saya memilih label Netrilis Yogyakarta, yang merupakan solusi bagi band dan solois yang ingin merilis karya musiknya secara mandiri. Prosesnya cukup mudah, karena juga dibantu oleh Mas Redy Afrians (owner Rumah Rekam Music Studio).

Respect Music menurut Sdr Fian
Dengan mendengarkan karya musik secara legal. Karena musik bukan hanya dibuat, tetapi itu adalah sebuah karya, yang pasti selalu ada kisah inspiratif dibalik pembuatannya. Itu juga yang perlu dihargai.

Sdr Fian juga menambahkan:
Saya bekerja dan sekaligus bermusik. Ketika musik sudah menjadi bagian hidup, jangan pernah tinggalkan. Ketika bekerja adalah pilihan hidupmu, dan musik adalah hobimu, ambil kedua-duanya dengan serius. Karena bagi saya, bekerja memang cara menyambung hidup, tapi musiklah penyeimbangnya.


Lirik Yogyakarta (Tak Pernah Terganti)
Hari ini, aku melangkah pergi Meninggalkan kota, rumahku sendiri Kota tempat cinta dan karya bersemi Oh Yogyakarta, kau tak kan pernah terganti Pasti ku rindu, tiap sudut jalanmu Dan hangat senyuman, sahabat serta kawan Sejauh apapun, akan ku bawa kenangan Tentangmu Yogyakarta, yang tak kan pernah terganti Pedih ku merasa, berat langkah kaki S'lamat tinggal semua, sampai jumpa lagi Kunyanyikan lagu ini, mengenang waktu bersamamu Menulis indahnya cerita hidupku Terbaik yang aku punya Hingga suatu hari nanti, ijinkan aku tuk kembali Melepaskan rinduku padamu Kar'na kau tak kan pernah terganti





Tulisan diatas adalah kiriman dari kontributor, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Baca lainnya:



Advertise · Terms · Contribute · Logo · Contact