" "

Kanan Jalan - Seruling Senja

Proses pembuatan lagu sebenarnya sangat singkat untuk 5 track baru, bahkan materi lirik "Bersama Kita" yang ditulis oleh Nur Susanto sudah ada sebelum band ini sendiri lahir [2012]. Penulisan lirik terinspirasi oleh banyak faktor, seperti pengamen jalanan [Tepi Terang], tentang kota Jogjakarta tercinta di [Masih Istimewa]. Untuk persiapan materi baru serta lirik kurang lebih 1 tahun mengumpulkan materi dan terpilihlah 5 track yang sekarang ada di "Kanan Jalan". ̶  (kutipan interview dengan L.A)


Proses Produksi
Album "Kanan Jalan" direkam di Mantra Studio dulu bernama Gong Studio. Kami memulai rekaman waktu itu tanggal 11 Januari 2016 dan selesai masuk studio pada 17 Januari 2016 [7 hari recording]. Kita memulai recording waktu itu memilih pada malam hari sampai subuh menjelang dikarenakan beberapa personil ada tanggungan pekerjaan masing-masing di siang hari. Pengerjaan album sendiri di bimbing oleh Nuno Satrida dan dimixing & mastering oleh Nico. Pada bulan Maret 2016 hasil recording studio sudah siap, tinggal kami menunggu tabungan rupiah demi rupiah hasil ngamen panggung serta uang jajan personil sendiri untuk merilisnya di waktu yang tepat. Haha! Country Rock, karena kami ingin anak muda bisa lebih menikmati musik klasik musik lawas namun masih membawa jiwa muda dengan beat-beat rock ala Seruling Senja.

Esensi Album
Esensi album "Kanan Jalan" karena tantangan! Intinya mumpung masih muda dan bisa berkarya mau buat apa punya karya dipajang sendiri dihp, lirik hanya ditulis di buku pribadi, the show must go on! Nur Susanto mempunyai tulisan yang sangat abstrack dengan lirik-liriknya diulik oleh Listyo, dikembangkan oleh peraonil lain Wisnu Kumara & Dwi Prasetyo, satu lagu jadi maka 7 lagupun jadi. Kanan Jalan adalah improvisasi, ambisi, serta imajinasi. Semua ada di sana, keluh kesah tentang jalanan, kota Jogja, dramanya negara Indonesia, pemabuk jalanan berselimut mimpi, serta romantika anak muda ada di 7 track album ini. Kami memilih title "Kanan Jalan" bukan tanpa alasan, jika kamu mendengarkan track no. 2 Kanan Jalan kamu memiliki lirik "lepaskan selimut mimpimu, lawan dunia!" Kamu ingin mengajak semua yang mempunyai mimpi dan merasa terhalang, lawan!

Tentang Music Artwork
Pembuat artwork album adalah teman kami semasa SMK dia adalah Mr. Hendra Ari S. Makna artwork dengan title "Kanan Jalan" sendiri sebenarnya tidak ada kaitannya antara makna artwork dengan "Title". Makna dari artwork tersendiri lebih menyoroti suasana kota kelahiran [Jogjakarta] yang semakin banyak pembangunan hotel yang mengakibatkan lahan hijau berkurang. Kami sematkan "Kanan Jalan" menjadi title album karena kami masih punya banyak mimpi, Kanan Jalan adalah intronya.

Video Klip
Di album "Kanan Jalan" hanya lagu "Bersama Kita" yang sudah kita buatkan video clip pada tahun 2014. Pembuatan klip sebenarnya untuk keperluan tugas di salah satu kampus pertelevisian Jogja, dengan "CREW" sebagai berikut: Director by Delly N. Wijaya, Camera Eko Yanuardi - Laico Ervanda, Editor Listyo AP, Script Natalia Agatha, Unit Manager Ratna Mawarni. Video klip sendiri bercerita tentang kehangatan ketika kita membuang ego masing-masing dan membumi bersama, berkeliling kota di sore hari, sedap!

Rilis dan Launching
Proses rilis yang peratama kita rilis fisik, kita produksi sendiri dengan tim. Cetak cover, printing dvd, semua dengan biaya sendiri. Pendistribusian kami masih manual yaitu dengan medsos atau mulut ke mulut, teman ke teman atau dengan proses pemaksaan haha! Dan yang terbaru kita rilis secara digital dibeberapa platform musik seperti iTunes, Spotify, Amazon Music, dan masih banyak lagi. Untuk proses rilis digital kita dibantu oleh Netrilis Music.

Respect Music menurut L.A
Simpel! Cukup dengan membeli album fisiknya, dengarkan karyanya di official download/listening. Dan yang paling utama, datang di show! Matur suwun, terima kasih, salam rocknroll amatir!


Track List Kanan Jalan - Seruling Senja
1. Tepi Terang 2. Kanan Jalan 3. Masih Istimewa 4. Seperti Terbeli 5. Kembali Muda 6. Bersama Kita [Bonus] 7. Matahari Malam [Bonus]






Tulisan diatas adalah kiriman dari kontributor, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Baca lainnya:



Advertise · Terms · Contribute · Logo · Contact