" "

Pagi Berlabuh - Hyndia

Proses awal nya adalah Hyndia sempat vakum 2 tahun. Yang akhirnya sang vocalis Dimas mengundurkan diri karena alasan pribadi. Saat vakum itu Aga dan Andunk berinisiatif untuk mencari vocalis baru. Diadakan lah seleksi yang akhirnya Hyndia memilih Diva sebagai pengganti Dimas. November 2015, kita mulai mengumpulkan demo dan materi. Setelah melalui proses seleksi dan hearing yag memakan waktu hingga 2 bulan. Dan pada bulan Januari 2016 kita start Recording dan akhirnya Mei 2016 Album Pagi Berlabuh bisa kita release.  ̶  (kutipan interview dengan Aga)



Proses Produksi
Album ini di rekam di Studio Pribadi Hyndia di PWS Bedroomlabs, Purwokerto, Jawa Tengah. Melibatkan banyak pihak yang salah satu nya adalah Ipank Yuniar yang kita daulat sebagai Mixing & Mastering Engineer kita. Ada juga pengisi backing vocal kita yang gak lain adalah teman-teman kita sendiri yang kebetulan sedang mampir ke studio 😁 seperti Sukmabrata, Dion Idol, Dan Aziz. Sebelumnya untuk proses aransemen kita mulai di studio latihan. Kita mencoba membuat aransemen per lagu nya sesuai dengan karakter Diva dan pasti nya si band sendiri. Baru setelah fix kita coba masuk ke Studio Recording untuk membuat musik nya sesuai dengan apa yang sudah kita konsep di studio latihan. Untuk mixing dan mastering sendiri kita percaya kepada Ipank Yuniar yang memang sudah lama paham akan karakter nya Hyndia. Jadi ini sangat penting buat band yang sedang produksi album atau lagu. Dengan adanya Music Director atau Mixing Engineer yang paham mau nya kita, membuat segalanya jadi mudah dan pastinya apa yang Band nya ingin bisa menjadi kenyataan 😊

Esensi Album
Sebenarnya Album ini adalah mimpi kita sejak lama. Karena ini adalah album Pertama Hyndia dan lagu-lagu yang masuk ke album ini merupakan perpaduan lagu lama dan lagu baru dari Hyndia yang sebenarnya berdiri sejak 2007. Pagi Berlabuh mempunyai filosofi yang menarik bagi kami. Karena di Lagu ini, kita berdoa dan berharap agar semua orang yang ada di sekitar kami, tetap bersama kami, sellau mensupport kami hingga pagi berlabuh.

Tentang Music Artwork
Yes. Designer untuk artwork nya sendiri adalah Anindya Ryadinugroho. Sedangkan Photo nya di ambil oleh Sukmabrata. Kalo makna nya sendiri sebenarnya sih tidak ada. Karena hanya photo Personel dan Font logo Hyndia aja 😂 Seperti biasa, Album Pertama kita lebih menonjolkan diri secara personal agar semua pihak tahu siapakah Hyndia itu.

Video Klip
Kita sudah mempunyai 10 video lyric dan 2 official music video untuk Pagi Berlabuh dan Setengah Gila. Untuk video lyric kita sendiri yang konsep dan di produksi dengan teman-teman GenkWav di studio PWS Bedroomlabs. Untuk music video Pagi Berlabuh di produksi oleh Sukmabrata, Baus, dan Abi. Dan di edit oleh Ipank Yuniar. Untuk Setengah Gila di buat oleh team Untitled Indonesia. Dan lagu Setengah Gila ini baru saja kita release secara nasional tanggal 20 September 2017. Untuk jalan cerita Pagi Berlabuh lebihke fun dan menonjolkan sisi personal si Personel. Untuk Setengah Gila ini kita membuat konsep seperti live perform dan disini Hyndia bermain band. Karena di video Pagi Berlabuh kita tidak memegang alat musik sama sekali. Jadi untuk video Setengah Gila kita tunjukkan identitas anak band nya 😁

Rilis dan Launching
Launching sendiri di 13 Mei 2016, 1 bulan sebelum launcing, lagu Pagi Berlabuh yang adalah single pertama kami sudah kita sebar ke radio, dan socmed. Bahkan kita juga bekerjasama dengan banyak pihak teman-teman penggiat social media di Purwokerto dan sekitarnya untuk mempromosikan single Pagi Berlabuh. Alhamdulillah, respons yang didapat bagus, dan banyak teman-teman yang mengcover lagu Pagi Berlabuh dan di upload di Instagram mereka dengan hastag #PagiBerlabuhHyndia. Hal ini cukup membantu Hyndia, Jadi setidaknya saat launching teman-teman sudah paham salah satu single yang ada di Album Pagi Berlabuh. Launching sendiri kita adakan cukup sederhana. Tepatnya di Djagongan Cafe yang merupakan salah satu cafe dan tempat nongkrong mahasiswa di daerah Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto. Saat itu banyak teman-teman dari penggiat socmed, anak-anak kampus, teman-teman seniman dan musisi yang hadir. Dan album fisik nya pun sudah kita pajang beserta dengan merchandise nya.

Respect Music menurut Aga
Menghargai suatu karya musik itu bagi saya adalah cukup mendengarkan musik itu dengan baik, jika suka silahkan support musisi tersebut dengan berbagai cara yang kita bisa. Karena saya sendiri sebagai musisi, sangat amat bangga jika karya kita bisa di nyanyikan oleh orang banyak. Hanya itu salah satu bentuk kepuaasan tertinggi saya sebagai seorang song writer.


Track List Pagi Berlabuh - Hyndia
1. Pagi Berlabuh 2. Setengah Gila 3. Jatuh Cinta 4. Senandung Rindu 5. Malu 6. Sampah Hati 7. Tak Ada Kabar 8. Sampai Mati 9. Satu Ungkapan 10. Bukan Tak Berani






Tulisan diatas adalah kiriman dari kontributor, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Baca lainnya:



Advertise · Terms · Contribute · Logo · Contact