" "

6 Menit Untuk 1 Albumnya Nestov, Suai?!

“Suai?!”, kata dari dataran melayu yang mulai jarang digunakan, kata itu berarti sudah sesuaikah? sudah pantaskah?. 4 huruf itu menjadi nama Album dari Nestov, yang total durasi dari seluruh lagunya hanya seperti 1 track lagu umum.



Lirik-lirk dalam album Suai?! berisi tentang isu sosial, politik dan sedikit tentang kenakalan gen X dan Y. Disampaikan dengan cara yang sarkas, jenaka dan mudah dicerna. Dalam tatanan bahasa kedaerahan yang menjadikan ciri dalam penyampaian lirik. Selain itu, mereka menyepakati bahwa sampai kapanpun, durasi lagu yang dikaryakan tidak akan lebih dari satu menit. Iya, satu menit dirasa cukup untuk menyampaikan apapun dalam musik mereka. Singkat, padat dan keras!.

Selain durasi yang singkat sekali, fakta menarik lainnya adalah nama Nestov diambil dari Setnov. Hanya karena nama beliau ter-mention diobrolan dadakan saat bikin band yang serba singkat ini. Mereka mengakui keterkaitannya dengan nama adalah sepertinya beliau mewakili, tentang konflik sosial, politik dan hal ‘busuk’ lainnya.



Berikut ini adalah komentar usai dengar Album Suai?! nya Nestov:

“Singkat, nakal, tabu, melayu. Panteklah.” (Rully Sabhara, ZOO, Senyawa)

"Kearifan lokal yang beringas." (Roy, Death Vomit, Venomed)

“Lagu-lagunya keren..pantek kali...seada-adanya..bodo amat. 
Lirik singkat-singkat yang seada-adanya. Keren! asli!. Aku suka ‘Besilat Lidah!’ Haha..” (Nard, Geisha)

"Aku bosan sama semua musik yang merasa paling waras, kita butuh lebih banyak hal GILO!!... 
kalo ndak gilo ndak kayo!!" (Momo, Parabiru, Jogja Audio School)

“Politik terkadang begitu menggelitik laksana komedi. Segala jalan pintas menuju singgasana 
dengan serius dibecandai oleh Nestov dengan cara yang sarkastik” (Rian Pelor, Detention)

“NESTOV= pelawak dan pelawan.” (Revan, Rajasinga)

“Soundnya keren, kasar! Materinya padet dan galak, range vokalnya juga lebar. 
Dinamis gitu..Bungkus lah udah! Keren!! (Lody andrian. The Jakarta post)

“Sensasinya seperti ejakulasi relativitas. Cepat, telak dan berbahaya. Tapi, menyenangkan.” 
(Ronald R Muhammad, Got Me Blind)

“Topik yang dibawa langsung nembak tepat ke target. Grindcore maksimal!!!!!  (Irfan, Gigantor)

“Lagu yang bergizi untuk kami yang bobok siang di kursi petinggi. Skill minim tapi ga bikin feminim. Lirik pintar bikin sepaham. And just shout "kalo ndak gilo ndak kayooo!" (Ipung Cuomo, MaveMagz.com)

“Singkat, padat. Maantap bikin muncrat...ini baru lagu keren! Pantek..haha” (Dedeng, Jambi Corpse Grinder)

“Nestov! Singkat, padat, lugas! Musik mereka Ga pake basa basi. Vocal nyeleneh jadi jangan pernah menyesali punya suara jelek, kontroversi politik jadi tema band ini. Lanjutkan pergerakan kalian 
agar tetap berkarya dan selalu Ngaco!!” (Azis, Dapurletter.com)

"Seperti kekerasan menuju kekacauan" (Sayiba R Bajumi, Kelelawar Malam)

“‘Godok Lapek Gulo Gulo’ lagunya juoozzz! ‘kalo ndak gilo, ndak kayooo!!’” 
(AKBP Kus Subiyantoro S.I.K, Kapolres Kab. Tanah Bumbu, Kalsel)

“Tua bangka yang tetap membara. belum ingin dilupakan dan masih terus melawan. 
jaga kesehatan. Asulah!!!” (Arman Harjo, Sanders Hate Chicken)

“'Brengsek' adalah kata pertama yang muncul di kepala saya saat pertama kali mendengar karya-karya NESTOV! Menarik sekali ketika mendengar distorsi yang marah namun berisikan lirik-lirik satir yang cerdas & menggelitik. NESTOV meraung keras bercerita tentang peristiwa-peristiwa konyol hukum di Indonesia, akrobatik politik, hingga krisis sosial zaman now.” (Donnero, D.P.M.B, Hellhouse Records)

“Tenggen! Mada kali!! Si As taba lah pokoknya!!! Aku suka godok lapek gulo gulo!!” (El Nazer, Cigarettes Wedding)

"Wainii..berhasil mencuri perhatian saya. Kesan tanpa pesan, jawab tanpa tanya, tanya tanpa tanda.
Namun nyucuk di hati" (Riri Ferdiansyah, Semiotika,Jambi)

“Lagu-lagunya meaningful, tapi kudu sambi baca lirik.haha.. 
Mixingannya oke. Sisanya mempersilakan memanfaatkan tombol re-playback & repeat sekiranya 
dirasa kurang panjang durasinya.” (Redy, Netrilis.com, RumahRekam.com)

“Singkat, padat, Nyinyir! dan RAW!” (Isa, Down For Life)

“Straight outta sumatra,keras dan lugas, segaan!” (Aga, Ner.vous, SKANDAL)

"Kritik sosial nakal, dan yg nakal memang enak diulang2" (Yogi Fadila, Editor IDN TIMES)

“Fast as fuck, nampol! Cocok untuk telinga yang butuh suntikan adrenaline. For fans of Domestik Doktrin, Infest & DS13. Jangan didengarkan ketika berkendaraan karena bisa celaka!” (Andhika Surya,  A.L.I.C.E)

“Cepat, liar dan ganas, telak menampar di muka, penuh nafsu bagaikan orang yang mempertahankan haknya atas tanah yang disengketakan! Brutal! (Danang "unbound" prihantoro. Speedkill, Lawless tatoo)

“Musik meletus tancap gas ini bisa jadi soundtrack pengiring moshing hingga leher copot dari kepala” (Andry Novaliano, Terapi Urine)

“Analoginya ini ibarat Espresso, singkat, padat dan kuat!” (Daniel Mardhany, Dead Squad)

"ini lebih baik dari berdemo! Padatan lirik dan musik yang bisa menjadi perpanjangan pikiran kita terhadap sikap dan sisi lain dari negeri ini.." (Barata Dwiputra - Thrive MC)

“Aku gak ngerti aliran nya, tapi PATEN kali lagu kau bang ! haahahah“ - Ari Lesmana, Fourtwnty)



Lirik Suai?!
Harta, Tahta, Petahana Jaga sikap, jaga citra Jaga harta bukan milik kita Jaga dinasti, korupsi (itu) pasti! Silang sengketa, kiasan semata Tak peduli jika kau dibenci Manipulasi, fakta dikebiri Tak peduli jika kau dibenci Bagimu hanya: Harta, Tahta, Petahana! Memang kau anjing pelaknat surga! ha..ha..gimana, dek? gimana, dek? Suaaiii? Lembar Dosa Berhala Minum, makan, tidur, uang! Itu sajalah yang kau paham Itu sajalah yang bikin kita sepaham. Hmmm...awak kek gini pulak orangnya.. Godok Lapek Gulo-Gulo Godok, lapek, gulo-gulo Makin dicubo, makin gilo Godok, lapek, gulo-gulo Bini sikok, pengen duo Godok, lapek, gulo-gulo kalo ndak gilo, ndak kayo Besilat Lidah Aku: *&^%$#bla bla,..blaa.. Kau: #@!>?<{}* Kyaa..kyaa..kyaa Aku:Errgghh...jadi gimana? aman? Kau:eee..sejauh ini aman sih, pak.. Obat Pintar Makan setengah, pintar (aa..bisa jadi mikir, bisa bla..bla..) Makan semua, makin pintar (aaa..bisa fokus, bisa jenius, ngerti rumus-rumus bla..bla..)


  • Liner Notes

  • Danu Nasmitu: Vokal
  • Richie Petroza: Gitar, Vokal
  • Andrie Arisco: Gitar
  • Billy Akzaiman: Bass 
  • Imanuel Budi: Drum

  • Semua lagu dibikin oleh NESTOV.
  • Lirik ditulis oleh Richie Petroza
  • Rekaman di RAW Studio, Jambi
  • Mixing dan mastering oleh Bibing
  • Art work oleh Mayatschism
  • Band logo oleh Danu Nasmitu
  • Download Suai?!  [CC BY-NC 4.0] - Released by YesNoWave Netlabel






Tulisan diatas adalah kiriman dari kontributor, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Baca lainnya:



Advertise · Terms · Contribute · Logo · Contact