" "

Epic, 'Dandelions' Rilis Single dengan Aksi Tabur Bunga sebagai Protes Hari Buruh

SELAMAT HARI BURUH ANAK ANAK BUNGA! 1 MEI 2018. Headline “Menabur Bunga, Merayakan Protes” ini adalah judul esai karya dari “Anak Bunga” yang mana esai tersebut tersisipkan didalam VCD yang DANDELIONS bagikan secara cuma-cuma di tempat para buruh sedang menyampaikan aspirasinya yaitu Kantor Gubernur Grahadi, Surabaya. Perlu diketahui, subyek “Anak Bunga” ini adalah salah satu dari “Anak-Anak Bunga”.




“Anak-Anak Bunga” adalah nama atau sebutan untuk para penggemar DANDELIONS. Yang mana didalam esai tersebut, pada intinya “Anak Bunga” ingin menyampaikan “Menabur Bunga, Merayakan Protes” yang mendefinisikan bahwa penyampaian aspirasi ataupun protes, lebih baik apabila dilakukan secara damai, penyampaian aspirasi tidak harus dalam bentuk anarki ataupun kekerasan. Dan sangat sesuai dengan pesan yang tersirat didalam esai dari “Anak Bunga” yaitu “Menabur Bunga, Merayakan Protes” terjadi kondisi dan situasi di Grahadi pada saat itu memang berjalan damai dan lancar, tanpa luput mengenai isi dari aspirasi yang ingin para buruh akan sampaikan.



Tepat 1 Mei 2018 ini juga genap sudah satu tahun Video Musik Resmi dari single “Kolonialis Bos” ini muncul di kanal Youtube. Maka dari itu, DANDELIONS kali ini membagikan dalam bentuk rilisan fisik yaitu VCD yang berisikan Video Musik Resmi single “Kolonialis Bos” dan esai yang ditulis oleh “Anak Bunga”. VCD ini hanya terbatas, tidak diperjual-belikan, khusus 1 Mei 2018 dan hanya dipersembahkan secara cuma-cuma kepada para buruh yang berbondong-bondong di Grahadi Surabaya ingin menyampaikan aspirasi mereka. Perlu diketahui, artwork visual yang terpampang sebagai cover dari VCD ini adalah karya dari Rakhmad Dwi Septian atau akrab dipanggil ‘Kuro’. Kuro adalah figur yang juga membuat artwork visual mini album DANDELIONS yaitu “Mantra Sakti’, yang pada saat itu Kuro berkolaborasi dengan Redi Murti atau akrab dipanggil “Redi”.



Pada saat di grahadi, tepatnya pada pukul 11.30 pagi, terlihat sudah ada pergerakan dari para buruh untuk mempersiapkan orasinya. Pada saat itu juga merapat dan mencoba berkoordinasi dengan penanggung jawab buruh. Hingga akhirnya sang penanggung jawab memberikan arahan untuk tetap di tempat dikarenakan akan ada pembagian VCD dari grup band DANDELIONS.

Proses penyebaran VCD inipun masih sesuai dengan “Menabur Bunga, Merayakan Protes” yaitu berjalan damai dan lancar seuai apa yang diharapkan, bahkan pada saat penanggung jawab memberikan arahan untuk tetap di tempat setelah penyampaian orasi mereka selesai, para buruh bertepuk tangan secara kompak sembari personel DANDELIONS memasuki barisan untuk membagikan VCD tersebut. Panas yang cukup terik pada saat itu dan antusias para buruh justru membuat DANDELIONS sadar bahwa antusias para buruh ini tidak perlu diragukan lagi. Harapan kami di 1 Mei 2018 ini bisa membuat para buruh mengenang bahwa isi dari VCD single “Kolonialis Bos” yang mereka terima adalah semangat yang sama dengan DANDELIONS rasakan pada saat turun untuk merayakan hari buruh ini. Salam Anak-Anak Bunga! Terima Kasih!


Tulisan diatas adalah kiriman dari kontributor, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Baca lainnya:



Advertise · Terms · Contribute · Logo · Contact