" "

Mengkatalogkan Lagu ke Spotify, iTunes dan Platform Streaming & Download


Mengkatalogkan lagu ke download dan streaming platform saat ini merupakan pilihan terbaik untuk musisi memperdengarkan karya musiknya ke telinga dunia. Hal ini dikarekanakan platform seperti Spotify, Deezer, iTunes dan Joox saat ini lebih mainstream daripada memutar lagu dengan CD player atau kaset tape. Fakta tersebut diperkuat dari polling via instagram story @respectzine berikut:



Tidak hanya diperdengarkan, platform download dan streaming itu berbeda dengan situs file sharing seperti Soundcloud dan Reverbnation, mereka membayar artists, dalam artian; musisi memungkinkan memperoleh revenue dari lagu yang diputar dan didownload melalui platformnya. Dan seperti yang kita tahu, masing-masing platform memiliki rate nya sendiri dalam mengapreasiasi karya musik:


Sayangnya Spotify, iTunes dan platform lain tersebut tidak mengizinkan musisi melakukan upload secara mandiri, mereka bekerjasama dengan mitra yang dipercaya untuk memoderasi dan meng-kurasi musik yang akan diupload ke katalognya.

Sebut saja Tunecore dan CD Baby asal USA, atau Netrilis (khusus merilis karya musik dari musisi Indonesia). Perusahaan distribusi musik digital tersebut merilis lagu dari famous artist hingga unsigned artists. Beberapa menerapkan royalty-sharing (pembagian royalty) dengan persentase yang fair dan beberapa memberikan layanan full royalty untuk artists.

Di tahun-tahun sebelumnya, tidak sedikit perusahaan digital music distributor Indonesia, hanya saja tidak berumur panjang dikarenakan apresiasi musik digital di Indonesia masih kurang, dan berbagai alasan lain, misalnya Musikator yang ditutup karena pendapatan yang minim, artikel lengkap dapat dibaca di tirto.id - Kabar duka itu datang pada 11 Maret 2016. Berbeda dengan Netrilis, distributor ini mengakui platfom download & streaming berdampak postif dan terus meningkat dari tahun ke tahun, seperti kutipan di artikel berikut; http://www.respectzine.com/2017/08/musisi-seharusnya-mempromosikan-dan.html.

Berikut opsi untuk musisi meng-upload lagu ke Spotify, Deezer, iTunes dan toko musik online lainnya:

  • Tunecore: Sell Your Music Worldwide
  • CD Baby: Sell And Stream Your Music Everywhere
  • Netrilis: Mari memperdengarkan karya musik Nusantara ke telinga dunia



Tulisan diatas adalah kiriman dari kontributor, yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Baca lainnya:



Advertise · Terms · Contribute · Logo · Contact